• Home
  • /
  • Kegiatan
  • /
  • Catat Ya, Ini 7 Makanan Tinggi Nutrisi untuk Keluarga!

Catat Ya, Ini 7 Makanan Tinggi Nutrisi untuk Keluarga!

Share

Dalam kehidupan sehari-hari, sangat penting bagi kita untuk memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena makanan tak hanya sekadar kebutuhan harian yang harus dipenuhi, tetapi juga menjadi kunci utama untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup untuk dapat berfungsi dengan optimal. Untuk mengetahui apa saja makanan tinggi nutrisi yang bisa dikonsumsi, simak penjelasannya berikut ini.

Pentingnya Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Tubuh
Melansir dari situs Healthline.com, makanan bergizi seimbang merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh ini bisa berasal dari buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. 

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi juga dapat membantu mencegah kelelahan, meningkatkan produktivitas kerja, dan menurunkan risiko berbagai penyakit seperti jantung, kanker, stroke, dan diabetes. 

Tak hanya penting bagi orang dewasa, kebutuhan nutrisi anak-anak juga harus dipenuhi dengan baik. Tujuannya adalah agar proses tumbuh kembangnya berjalan optimal, terhindar dari obesitas, menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, meningkatkan prestasi akademik, dan juga untuk mendukung kebiasaan makan yang sehat hingga mereka dewasa kelak.

Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada enam nutrisi dasar yang dapat membantu mendukung kesehatan tubuh kita, bahkan dalam jumlah yang kecil. Nutrisi ini berasal dari makanan dan terdiri dari dua kategori, yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien merupakan jenis nutrisi yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang besar, seperti protein, karbohidrat, dan lemak yang menyediakan energi bagi tubuh. Sementara mikronutrien berupa vitamin dan mineral yang harus dipenuhi untuk mendukung fungsi tubuh agar dapat berjalan dengan optimal. 

1. Karbohidrat 
Karbohidrat merupakan menyediakan energi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Setelah dikonsumsi, karbohidrat dipecah menjadi glukosa yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai proses metabolik. Ada dua jenis karbohidrat yang bisa dikonsumsi, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. 

Karbohidrat sederhana dapat berupa gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan (fruktosa), susu (laktosa), dan gula tambahan dalam makanan atau minuman olahan. Sementara karbohidrat kompleks merupakan gula yang ditemukan dalam biji-bijian dan umbi-umbian. 

Karbohidrat sederhana memberikan energi cepat karena cepat dicerna dan diserap tubuh, sedangkan karbohidrat kompleks cenderung memberikan energi secara bertahap karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap. Hal inilah yang membuat karbohidrat kompleks jauh lebih sehat untuk dikonsumsi. Membatasi konsumsi karbohidrat sederhana dapat membantu menjaga keseimbangan gula dalam darah dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Protein 
Protein terdiri dari rantai panjang asam amino yang berperan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjalankan berbagai fungsi penting di dalam tubuh manusia seperti:

  • Mendukung pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh.
  • Berperan sebagai enzim yang mempercepat proses-proses kimia yang mendukung metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.
  • Membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
  • Protein dapat diubah menjadi sumber energi cadangan.

3. Lemak 
Sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh selanjutnya adalah lemak. Lemak mendukung berbagai fungsi tubuh seperti penyerapan vitamin dan mineral, pembekuan darah, membangun sel, dan pergerakan otot. Mengonsumsi makanan mengandung lemak sehat dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu menyeimbangkan gula dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, meningkatkan fungsi otak, serta menurunkan risiko peradangan.

4. Vitamin 
Ada banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, termasuk vitamin A, B kompleks, C, D, E, K, dan masih banyak lagi. Setiap vitamin memiliki peranan penting dalam tubuh, diantaranya adalah untuk meningkatkan fungsi penglihatan, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, menurunkan risiko kanker, dan menjadi antioksidan yang kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Mineral
Sama seperti vitamin, mineral juga memiliki peran penting bagi tubuh. Termasuk dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatur metabolisme tubuh, dan membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Beberapa jenis mineral yang penting bagi tubuh antara lain kalsium, zat besi, dan seng.

Kalsium membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, meningkatkan transmisi sinyal saraf, menjaga tekanan darah, dan relaksasi otot. Zat besi mendukung pembentukan sel darah merah dan hormon, sedangkan seng membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

6. Air 
Dilansir dari Kemenkes, hampir 60% berat badan orang dewasa terdiri dari cairan. Oleh sebab itu, kita harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Hal ini karena air memiliki peran penting seperti:

  • Meningkatkan fungsi otak dan suasana hati.
  • Pelumas dalam tubuh.
  • Membantu membuang racun dalam tubuh.
  • Membawa nutrisi ke dalam sel. 
  • Menghidrasi tubuh.
  • Mencegah sembelit.
  • Meningkatkan produktivitas kerja.

7 Makanan Tinggi Nutrisi 
Agar fungsi tubuh berjalan dengan optimal, simak beberapa contoh makanan bernutrisi yang bisa Anda konsumsi berikut ini:

1. Biji-bijian yang tinggi serat, rendah lemak, dan mengandung karbohidrat kompleks untuk membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah kita makan dengan porsi yang berlebihan. Beberapa pilihan makanannya antara lain pasta gandum, roti gandum, beras merah, dan jagung.
2. Sayuran dan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin, mineral, dan rendah lemak. Beberapa jenis sayur dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi antara lain brokoli, sayuran berdaun hijau, labu, wortel, kacang polong, strawberry, jeruk, mangga, pepaya, tomat, alpukat, dan anggur.
3. Daging tanpa lemak, unggas, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein.
4. Produk susu rendah lemak sebagai sumber protein, zat besi, vitamin D.
5. Telur yang tak hanya sumber protein tinggi, tetapi juga mengandung vitamin D, asam lemak omega-3, vitamin B, dan kolin.
6. Makanan yang bernutrisi tinggi selanjutnya adalah makanan laut seperti kerang dan tiram yang merupakan sumber vitamin B12, vitamin C, kalium, selenium, dan zat besi.
7. Ikan segar seperti salmon yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Masako® Bumbu Pelengkap Makanan Tinggi Nutrisi

Selain memilih bahan masakan yang segar dan berkualitas tinggi, pastikan untuk memasaknya dengan menggunakan bumbu pilihan dan juga Masako® Rasa Ayam serta Rasa Sapi sebagai bumbu pelengkap makanan tinggi nutrisi ya, Moms. 

Hal ini karena Masako® Rasa Ayam serta Rasa Sapi merupakan kaldu yang terbuat dari ekstrak daging ayam dan sapi asli yang diberi tambahan bumbu rempah pilihan, sehingga menghasilkan kaldu yang lezat dan mirip dengan kaldu rumahan. 

Masako® Rasa Ayam dan Sapi menggunakan garam beryodium yang lebih sehat dan takarannya sudah mengikuti Angka Kecukupan Gizi (AKG) di Indonesia yang direkomendasikan, yaitu <1500 mg per hari, sehingga membuatnya aman untuk dijadikan sebagai salah satu bumbu penyedap tambahan yang dapat meningkatkan citarasa setiap masakan. 

Sekali lagi, Masakan di atas akan semakin lezat jika Anda menggunakan Masako Rasa Ayam dan Rasa Sapi. Dengan inovasi baru yang terbuat dari daging ayam utuh dan kombinasi rempah, sehingga rasanya seperti kaldu buatan sendiri di rumah. Ada juga inovasi kaldu daging sapi dan rempah pilihan sehingga rasanya seperti kaldu buatan sendiri di rumah.

Pastikan untuk melengkapi persediaan Masako® Rasa Ayam dan Masako® Rasa Sapi di rumah ya, Moms!

Subscribe untuk update resep bergizi dan info promo menarik dari Masako®