• Home
  • /
  • Kegiatan
  • /
  • 7 Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk

7 Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Share

Di Indonesia, rendang daging sapi menjadi salah satu kekayaan kuliner nusantara yang disukai oleh banyak orang.

Rendang sapi terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan campuran santan kelapa dan bumbu rempah yang meresap sempurna ke dalam daging setelah dimasak dalam waktu yang cukup lama. Ada dua jenis rendang yang bisa dinikmati, yaitu rendang kering dan rendang basah. 

Ciri khas rendang sapi terletak pada kepekatan bumbu, cita rasa pedas, rasa manis, dan gurih yang menyatu dalam satu sajian. Hal ini karena cara memasak rendang yang menggunakan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, jintan, dan aneka rempah lainnya. 

Aromanya semakin wangi karena diberi tambahan daun kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Tak melulu harus membelinya di restoran, Moms juga bisa membuatnya sendiri di rumah, loh! 

7 Cara Memasak Rendang Daging Sapi 
Untuk dapat memahami cara memasak rendang daging sapi yang enak dan empuk, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik.

1. Pilih daging yang tepat
Cara memasak rendang yang pertama adalah memilih daging sapi yang tepat, yaitu daging bagian paha. Sebab daging bagian ini memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah hancur. 

2. Buang bagian lemak daging
Agar daging tidak alot, buang bagian lemaknya dan potong daging searah dengan serat dagingnya. Usahakan untuk tidak memotong daging terlalu kecil atau besar agar matangnya merata.

3. Tepuk daging secara perlahan
Sebelum dimarinasi bumbu, pukul-pukul daging agar bumbunya meresap sempurna ke dalam daging. Namun pastikan untuk menepuknya secara perlahan jangan sampai hancur ya, Moms. Setelah itu, lumuri dengan jahe atau nanas parut dan diamkan selama beberapa menit agar dagingnya empuk saat diolah.

4. Masukkan daging setelah bumbu dimasak atau ditumis
Untuk mendapatkan bentuk daging yang utuh, empuk, dan bumbu meresap sempurna, masukkan daging setelah bumbu ditumis atau dimasak. Bumbu yang digunakan pun sebaiknya dibuat dari bahan-bahan segar berkualitas yang dihaluskan dengan cara digiling, bukan menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tumis hingga harum dan tuangkan santan. Masak hingga mengental dan mengeluarkan minyak selama kurang lebih tiga jam. Barulah masukkan daging dan masak kembali hingga matang dan empuk.

5. Menggunakan santan secukupnya
Selain daging, penting juga untuk memilih santan yang tepat saat memasak rendang. Jenis santan yang paling cocok untuk memasak rendang adalah santan encer, atau santan yang diperoleh dari perasan kedua atau ketiga kepala tua yang diparut. 

6. Masak menggunakan api kecil
Cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk selanjutnya adalah memasaknya menggunakan api kecil selama beberapa jam. Tujuannya adalah agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan membuat tekstur daging menjadi empuk. Berapa lama memasak rendang? Well, untuk membuat rendang kering memerlukan waktu lima sampai enam jam untuk memasak, sementara rendang basah memerlukan waktu memasak selama empat jam.

7. Aduk secukupnya saat memasak
Meski terkesan sepele, pastikan juga untuk tidak mengaduk rendang setiap waktu. Sebab jika dilakukan secara berlebihan dapat membuat dagingnya hancur. Cukup aduk sesekali agar rendangnya tidak gosong.

Masako® Rasa Sapi: Bumbu Masak Rendang
Tak hanya mengandalkan aneka jenis rempah untuk selama memasak rendang daging sapi, Moms juga bisa menambahkan Masako® Rasa Sapi sebagai bumbu penyedap tambahan saat memasak. Terbuat dari daging sapi asli dan bumbu rempah pilihan, Masako® Rasa Sapi sudah mengandung garam beryodium yang lebih sehat dan takarannya sudah disesuaikan dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) di Indonesia. Dengan inovasi kaldu daging sapi dan rempah pilihan sehingga rasanya seperti kaldu buatan sendiri di rumah.

Subscribe untuk update resep bergizi dan info promo menarik dari Masako®