• Home
  • /
  • Kegiatan
  • /
  • Bubuk Kaldu Ayam Terbuat dari Apa? Cek Jawabannya di Sini!

Bubuk Kaldu Ayam Terbuat dari Apa? Cek Jawabannya di Sini!

Share

Bubuk kaldu ayam menjadi salah satu bahan dasar yang diandalkan untuk meningkatkan cita rasa dan kelezatan dalam setiap hidangan, khususnya yang menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. 

Tak hanya berperan sebagai bumbu penyedap tambahan, kehadiran kaldu ayam bubuk sachet juga menjadi solusi praktis untuk menciptakan masakan yang lezat dan bergizi tanpa memerlukan banyak waktu serta tenaga saat memasak.

Yuk, pahami lebih lanjut mengenai kaldu bubuk ayam dan bagaimana kehadirannya bisa memberikan sentuhan istimewa dalam setiap hidangan!

Apa yang Dimaksud dengan Bubuk Kaldu Ayam? 
Jika ada yang bertanya “kaldu bubuk terbuat dari apa?” atau “kaldu ayam bubuk itu apa?”, maka jawaban yang tepat adalah kaldu ayam yang terbuat dari rebusan daging dan tulang ayam asli yang diberi campuran rempah pilihan. Kaldu ayam bubuk dibuat dengan cara mengeringkan kaldu ayam cair menjadi bubuk menggunakan teknik dehidrasi atau menghilangkan kandungan air di dalam kaldunya.

Apa Saja Bahan Dasar Bubuk Kaldu Ayam? 
Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kaldu bubuk ayam adalah daging dan tulang ayam, jamur, dan juga tambahan rempah pilihan seperti bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, dan beberapa bahan alami lainnya. Bahan utama dan campuran rempah ini kemudian direbus dalam waktu yang cukup lama dan diberi tambahan gula atau garam untuk memberi rasa gurih di dalamnya sebelum diubah menjadi bentuk bubuk.

Apakah Kaldu Bubuk Sama dengan Penyedap Rasa? 
Tidak. Bumbu kaldu ayam berbeda dengan penyedap rasa. Perbedaan kaldu bubuk dengan penyedap rasa terletak pada kandungan bahannya. Penyedap rasa merupakan bahan yang ditambahkan ke dalam kaldu bubuk untuk menguatkan rasa gurih dan umami. Kandungan yang terdapat dalam penyedap rasa adalah monosodium glutamate atau yang kita kenal dengan sebutan MSG.  

Melansir dari Mayo Clinic, monosodium glutamate (MSG) merupakan penguat rasa yang seringkali digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan dan juga sayuran kalengan. The U.S Food and Drugs Administration mengklasifikasikan MSG sebagai bahan makanan yang secara umum dianggap aman dan kandungannya dicantumkan dalam label kemasan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga menyebutkan bahwa konsumsi MSG sebagai bahan tambahan pangan penguat rasa bukanlah hal yang membahayakan, selama digunakan dalam takaran yang tepat, termasuk yang terkandung di dalam penyedap rasa.

Apa Saja Masakan yang Menggunakan Bubuk Kaldu Ayam? 
Pada dasarnya, bubuk kaldu ayam bisa digunakan untuk berbagai jenis hidangan. Namun, sesuai dengan namanya, bubuk kaldu ayam tentu bisa memberikan rasa yang lebih optimal jika digunakan sebagai bumbu penyedap tambahan pada masakan yang menggunakan daging ayam atau seafood sebagai bahan utamanya. Beberapa jenis masakan yang bisa dibumbui dengan bubuk kaldu ayam antara lain sop ayam, opor ayam, semur ayam, capcay, ayam goreng, aneka tumisan, dan masih banyak lagi.

3 Tips Memilih Bubuk Kaldu Ayam Terbaik
Agar olahan masakan yang Moms buat memiliki rasa yang gurih dan lezat, berikut ini beberapa tips memilih bubuk kaldu ayam terbaik yang bisa disimak.

1. Pilih bubuk kaldu ayam yang terbuat dari bahan alami
Baca komposisi bahan yang terdapat dalam kemasan dan pastikan kaldu bubuk yang Moms pilih terbuat dari daging ayam asli dan campuran rempah pilihan seperti bawang merah, bawang putih, lada, merica. 
2. Pilih kaldu ayam yang dikemas dengan baik
Saat memutuskan untuk membeli kaldu ayam bubuk sachet, pastikan kemasannya dalam kondisi yang baik, tidak sobek, kaldu bubuk tidak lengket, dan menyertakan informasi mengenai tanggal kedaluwarsa.
3. Pertimbangkan kandungan gizi dalam kaldu ayam bubuk
Perhatikan kandungan garam, gula, dan lemak yang tercantum dalam label kemasan. 

Rekomendasi Bubuk Kaldu Ayam Terbaik
Selain beberapa tips di atas, penting juga untuk memerhatikan reputasi merek kaldu ayam bubuk yang ada di pasaran. Seperti Masako® Rasa Ayam yang sudah 30 tahun dipercaya masyarakat di seluruh Indonesia sebagai penyedap rasa yang ampuh melezatkan setiap masakan.

Beberapa kelebihan Masako® Rasa Ayam antara lain:
1. Terbuat dari ekstrak daging ayam asli yang lebih banyak, sehingga rasa daging dalam Masako® Ayam cukup kuat dan warnanya alami seperti kaldu asli.
2. Menggunakan garam beryodium yang lebih sehat. Selain itu, kandungan garam yang ada dalam Masako® Sapi sudah mengikuti Angka Kecukupan Gizi (AKG) di Indonesia yang direkomendasikan, yaitu <1500 mg per hari.
3. Kandungan garam/ natrium 520 mg per sajian.
4. Cocok untuk segala macam hidangan favorit keluarga, terutama yang menggunakan bahan utama daging ayam sehingga semua dapat menikmatinya dengan lahap.

Agar hasil masakan terasa lebih lezat dan tetap menyehatkan, simak beberapa tips membuat masakan menggunakan Masako® Ayam Sapi berikut ini:

1. Memilih bahan dan bumbu masakan yang berkualitas, terutama daging ayam yang segar.
2. Menambahkan Masako® Ayam dan mengurangi penggunaan garam, sebab kandungan garam yang terdapat pada Masako® sudah memenuhi kebutuhan garam dalam tubuh kita.

Intinya, masakan di atas akan semakin lezat jika Anda menggunakan Masako Rasa Ayam. Dengan inovasi baru yang terbuat dari daging ayam utuh dan kombinasi rempah sehingga rasanya seperti kaldu buatan sendiri di rumah. Pastikan untuk mencicipi dan mengoreksi rasanya hingga terasa pas, ya!

Subscribe untuk update resep bergizi dan info promo menarik dari Masako®